Beranda > Tips dan Trik > Dengerin Musik Bisa Bahaya…!!!

Dengerin Musik Bisa Bahaya…!!!

Sering mengenakan earphone/headphone saat bekerja, di jalan sambil menunggu bus, atau menjelang tidur? Hati-hati, riset mengatakan bahwa penggunaan earphone/headphone bisa berbahaya untuk kesehatan telinga!

Berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini di Amerika Serikat, sekitar 5,2 juta anak berusia 6-19 tahun terganggu pendengarannya gara-gara terlalu sering terpapar musik keras. Salah satu biang keladinya adalah pemakaian earphone/headphone selama berjam-jam dengan volume keras.

Para ahli kesehatan di sana memperkirakan, anak-anak generasi “iPod” ini bakal lebih awal mengalami presbiakusis, yakni ketulian akibat usia lanjut, sekitar usia 40-an. Normalnya, kondisi ini baru muncul sekitar usia 60-70 tahun.

Mengapa suara keras bisa merusak pendengaran? Suara yang masuk ke telinga diteruskan sel-sel rambut yang terletak pada koklea (rumah siput). Sel-sel rambut ini berfungsi menangkap frekuensi suara dan meneruskannya ke pusat persepsi pendengaran di otak.

Nah, suara berfrekuensi lebih dari 80 desibel (frekuensi suara dari earphone/headphone mencapai 95 desibel) dapat membuat sel-sel rambut kelelahan. Sel-sel yang terlalu lelah ini lama-kelamaan bisa rusak dan menurunkan fungsi pendengaran. Awalnya hanya sementara. Tetapi, bila kebisingan terus berlangsung, kerusakannya bisa permanen.

Jadi, jangan terlalu sering menggunakan earphone/headphone. Kalaupun memang ingin mendengarkan lagu lewat earphone/headphone, cukup dengarkan di saat lengang dan sepi. Karena, kalau lagi ramai, bawaannya pengen ngencengin tuh lagu. Ya kan?

 

Sumber : http://www.indowebster.web.id/

Kategori:Tips dan Trik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar